Semut_Gula
Tips menjaga Kesehatan Ginjal Anda


Kepopuleran organ ginjal memang masih kalah dibandingkan dengan otak atau jantung dalam berbagai pembahasan seputar kesehatan. Akibatnya, banyak masyarakat yang kurang atau bahkan tidak peduli dengan kesehatan ginjalnya sendiri. Padahal peranan ginjal di dalam metabolisme tubuh sama vitalnya dengan organ lainnya sehingga menjaga kesehatannya sudah menjadi kewajiban setiap orang.

Hal tersebut juga ternyata diakui para pekerja medis yang menyatakan bahwa perhatian terhadap masalah kesehatan ginjal ini masih berada di bawah jantung, otak atau hati. Tak heran bahwa banyak orang yang baru mengetahui kalau ia menderita ginjal jika penyakitnya sudah berada di stadium lanjut, disamping gejala penyakit ginjal yang memang tidak begitu terlihat. Alhasil, banyak
pasien yang baru menyadarinya ketika penyakit tersebut sudah parah menggerogoti tubuhnya.

Kesehatan ginjal ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena jika sudah mencapai stadium berat maka biaya pengobatannya akan sangat mahal.Harus diketahui bahwa komplikasi dari penyakit ini pun terbilang banyak mulai dari diabetes, kardiovaskular sampai pengeroposan tulang.

Pada dasarnya, penyakit ginjal ini terbagi menjadi dua yakni penyakit ginjal yang dapat disembuhkan dan yang tidak dapat disembuhkan. Kedua jenis penyakit ginjal tersebut memiliki konsekuensi medisnya masing-masing.

Penyakit ginjal yang dapat disembuhkan, misalnya batu ginjal.Penyakit ini akan mudah diangkat jika yang menjadi faktor pencetusnya sudah diangkat dan kinerja ginjal pun akan normal kembali.

Sedangkan penyakit ginjal yang tidak dapat disembuhkan dapat berupa ginjal yang sudah bocor atau penyakit ginjal kronis. Namun, meskipun tidak dapat disembuhkan, penyakit ini masih bisa disiasati dengan menghambat proses perkembangannya yakni dengan cara menjalani berbagai bentuk pengobatan medis dan menjalankan gaya hidup sehat.

Namun, walau bagaimanapun, hal yang terpenting ialah mencegah ketimbang mengobati. Dan berikut merupakan kiat-kiat untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

Menjaga Kadar Gula Darah

Anda harus pandai dalam menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil.Gula darah yang tinggi dapat menjadi salah satu faktor penyakit ginjal.

Data yang dirilis oleh Indonesia Renal Registry menyebutkan bahwa pada 2010 silam, penyakit diabetes menyumbang sekitar 25% yang menyebabkan penyakit ginjal.

Menjaga Kesehatan Fisik

Anda juga mesti pandai dalam menjaga kesehatan fisik dengan cara sering berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan menyehatkan. Ingatlah bahwa makanan yang banyak mengandung zat pewarna sangat berperan dalam memengaruhi kondisi ginjal seseorang.

Begitu juga dengan kopi dan teh yang bila terlalu sering dikonsumsi, dapat mengganggu kinerja ginjal. Mulai saat ini, cobalah untuk lebih bijak dalam menyantap makanan/minuman dan rutin berolahraga fisik.

Menjaga Tekanan Darah

Data menunjukkan bahwa pada tahun 2010, darah tinggi turut andil dalam menyebabkan penyakit ginjal sebanyak 35%. Maka itu, Anda dituntut harus pandai dalam menjaga tekanan darah supaya tidak melonjak. Hindari makanan-makanan yang dapat memicu naiknya tekanan darah.

Cukup Minum Air Putih

Kaitannya dengan mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Selain dengan banyak mengonsumsi air putih yang memang sudah wajib untuk membantu menjaga kesehatan ginjal, cairan di dalam tubuh juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Dehidrasi atau kekurangan cairan sebaiknya dihindari supaya kinerja ginjal dapat terus terjaga.

Tidak Merokok dan Rutin Memeriksakan Diri

Lagi-lagi, merokok merupakan penyebab timbulnya berbagai macam penyakit di tubuh, salah satunya ginjal. Makanya, mulai saat ini, sebisa mungkin Anda mesti mengurangi atau bahkan tidak sama sekali merokok demi kesehatan ginjal Anda. Ginjal sebaiknya juga diperiksakan secara rutin dalam bentuk pemeriksaan protein dalam urin dan mengukur laju filtrasi glomerulus atau LFG.




Sumber: http://sehat.tipssahabat.com
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar